Jumat, 14 September 2012

Catatan LK I Komishu


Senin, 25 Maret 2012
Tiba-tiba aku tersentak saat mendengar hp cina ku bergetar. Sayup –sayup terdengar suara ketukan pintu dari luar. Sambil mengucek-ngucek mataku yang masih ngantuk, aku melihat jam tangan merah yang terpasang ditanganku. Ternyata  sudah pukul 05.00, dan ini  waktunya untuk menunaikan shalat subuh. Aku langsung berdiri dan menoleh ke jendela. Suasana di  luar masih sepi, suara hiruk kendaraan yang lalu lalang dijalanan masih belum terdengar. Namun di wisma Hmi sudah terlihat insan yang lalu lalang bersiap-siap untuk melaksanakan shalat berjama’ah. Subuh ini udara masih terasa dingin, kulangkahkan kakiku ke kamar mandi untuk mengambil air whudhu’ dan ikut shalat subuh bersama mereka. Selesai shalat, langsung ku ambil alqur’an dari atas meja di ruang panitia dan ku baca satu pojok dari surat Al-an’am.
Mentari mulai memancarkan sinarnya. Ini adalah hari pertama pentrainingan setelah pembukaan acara tadi malam. Kuharap pagi yang cerah ini memberi motivasi untuk diriku agar tetap semangat menjalani berbagai aktivitas dan kegiatan. Semoga semua panitia, pengelola, dan peserta selalu diberi kekuatan oleh Allah swt untuk terus berjalan dan berjuang hingga kita menemukan cahaya yang akan membawa kita pada  kesuksesan dunia dan akhirat (ucapku dalam do’a). Dengan semangat dan senyum penuh ceria, aku mulai melaksanakan kewajibanku membersihkan wisma HMI, karena hari ini adalah jadwal piketku bersama temanku Rita, Aziz dan Eri. Semua panitia tampak sibuk dengan tanggungjawabnya masing-masing. Ada yang belanja ke pasar, ada yang menyapu, mencuci piring, dan ada juga yang memasak air untuk membuat teh yang akan dihidangkan buat pengelola dan peserta.
Pukul 07.50 teman-temanku kembali dari pasar dengan membawa barang belanjaan yang lumayan banyak. bahan sambal yang bermacam ragam ini akan kami olah menjadi masakan nan lezat dan nikmat. So, Now is time for cooking. Aku dan teman-teman mulai mengiris-iris bawang dan sayuran, lalu menggoreng kentang, teri dan cabe. Dengan sebuah cam-dig milik salah seorang temanku, tak lupa  kami mengabadikan beragam ekspresi di sela-sela kegiatan memasak ini. Suatu keceriaan dan kebahagiaan yang ku rasakan saat itu, karena aku dan teman-teman melakukannya dengan penuh ikhlas dan sukarela. Walau kadang terasa lelah dan letih, namun semua itu lenyap oleh kerjasama dan tawa canda yang selalu menemani kami.
Pagi menjelang siang, udara memang sangat panas, sehingga tak ayal badan terasa gerah dibuatnya. Menu untuk makan siang pun sudah selesai dimasak, tinggal menyajikan saja ke piring peserta. Sembari menunggu waktu shalat dzuhur, aku istirahat sejenak dan terus mandi agar badanku terasa segar dan fresh. Setelah shalat zuhur, aku  dan teman-teman panitia menghidangkan nasi di ruang pengelola dan kamipun makan bersama dengan sambal teri, kentang dan sayur wortel. Sungguh nikmat dan lahap makan siang kali ini, ntah karena perut kami yang sedang dilanda lapar atau memang sambalnya yang enak. Buat makan ntar malam, jangan sampai kalah enaknya ya panitia..hehehee.
Tak lama kemudian, aku dan teman-teman kohati berkumpul di ruang badko sambil bercerita dan bercanda. Tanpa disadari, mata kami terasa sangat berat dan kami tertidur pulas sampai azan ashar berkumandang. Aku terbangun dan langsung shalat ashar, lalu menyelesaikan laporan keuangan LK1 untuk dilaporkan nanti pas rapat panitia pengelola.
Sebelum rapat panitia pengelola dimulai, aku sedikit berbincang-bincang dengan 2 orang temanku yang juga teman komisariat sekaligus teman selokalku. tapi mereka lebih dahulu menamatkan kuliahnya dibanding aku. Beberapa hari lagi mereka akan wisuda dengan membawa kebanggaan karena bisa tamat 3,5 tahun. Sebenarnya aku iri melihat mereka, namun aku juga memiliki jalan sendiri demi mencapai tujuan dan cita-citaku. aku akan berusaha dengan giat dan sungguh-sungguh agar menjadi orang yang sukses. Sukses studi dan sukses Organisasi.  Karena ku yakin siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil ”man jadda wa jada”. I think,  this training is opportunity for me to improve myself. Toh kegiatan ini sangat banyak manfaatnya bagiku. Aku bisa belajar banyak dalam organisasi HMI ini, mendapatkan hal-hal baru yang selama ini belum pernah aku dapatkan. Hanya ucapan terimakasih yang dapat ku ucapkan atas apa yang telah ku peroleh saat ini. Aku beranji akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk HMI dalam mengemban misi keumatan dan kebangsaan.
YAKUSA...!!!

Hari ke dua.. (Selasa, 26 Maret 2012)
Suara ketum komisariatku membuat aku terbangun dari tidur nyenyak ku. ntah kenapa subuh ini aku malas sekali bangun cepat,  aku masih ingin meneruskan tidurku beberapa menit lagi. Padahal Ketum sudah berulang kali memanggil nama kohati dan mengetuk pintu dari luar. ”kak, bangun... kak...” Kali ini sepertinya ketum sudah mulai kesal,  namun aku hanya merespon dengan sahutan lembut tak bersemangat. Beberapa menit kemudian, aku dan kawan-kawan tiba-tiba tertawa mendengar suara lucu dari luar kamar. ”tuuk...tuukk..tuk tuuk.” Aku yakin itu pasti ulah sekum kami, ia berusaha membuat lelucon dengan menirukan suara ketukan pintu dengan suara mulutnya. Aku yang sebelumnya malas bangun, sontak  tertawa dan langsung mengambil jilbab bergo abu-abu yang ada disampingku. Kulangkahkan kaki ku menuju kamar mandi, ternyata pintu kamar mandi tertutup pertanda ada orang di dalammya. Karena malas ngantri lama, aku berwudhu’ saja dari air kran tempat biasa kami mencuci piring. Di atas sajadah panjang ku bersimpuh di hadapan Ilahi yang tak pernah bosan mendengar curhatku setiap saat, yang mengajarkan kesadaran mengenai waktu dan ketabahan untuk ikhlas menyerahkan diri kepada proses kehidupan. Di penggal waktu yang indah ini aku ingin sekali dekat dengan Rab ku. Ku ambil mushaf tercinta, ku cium penuh takzhim, lalu ku lantunkan kalam-Nya dengan nyanyian murattal M Al-khuhsairy yang pernah diajarkan oleh dosenku. Burung-burung ikut bernyanyi merdu, menari-nari di atas kabel listrik saat mendengar ayat-ayat suci yang aku bacakan. Mentari tersenyum indah membawa semangat baru untukku di hari ini. Aku berharap hari ini dan hari selanjutnya lebih baik dan berarti bagi diriku dan semua orang yang ada di sekitarku.

0 comments:

Posting Komentar