Selasa, 22 Agustus 2017

Kumpulan Berita Nurul Ilmi




17 AGUSTUS:  KEMERDEKAAN ITU KARUNIA DARI ALLAH
Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, Yayasan Nurul Ilmi mengadakan Upacara Bendera di lapangan sekolah SMP IT Nurul Ilmi. Upacara tahunan ini diikuti oleh siswa-siswi SD kelas V dan VI, siswa-siswi SMP kelas VII, VIII, dan IX, serta seluruh guru, staf dan karyawan sekolah.
Upacara yang dimulai pukul 07.15  ini dipimpin oleh Teuku Albani siswa kelas IX C. Anggota Paskibra pembawa baki bendera terdiri dari siswi kelas IX A dan petugas upacara terdiri dari siswa-siwi kelas 8 dan 9.
Bertindak sebagai pembina upacara yakni Ketua Yayasan Nurul Ilmi, Drs. Naufal Sanusi, M.Pd. Dalam amanat yang disampaikan, beliau menekanan bahwa kemerdekaan RI bukanlah hadiah dari para penjajah. Namun kemerdekaan ini adalah karunia dan rahmat dari Allah SWT.
“Kemerdekaan atau al-hurriyyah ini bukanlah hadiah Belanda, bukan juga hadiah Jepang, Inggris dan sebagainya. Namun ini adalah karunia dari Allah Swt, sehingga para founding father bangsa ini menuliskan di UUD “atas berkat Rahmat Allah”. Oleh karena itu, kita harus menyukuri nikmat kemerdekaan ini, dengan cara kita kembalikan kepada yang memberikan nikmat tersebut, yaitu Allah Swt,” kata beliau saat memberikan amanat.
Sesuai dengan harapan, proses pelaksanaan upacara berjalan lancar, tertib dan khidmat. Setelah upacara selesai, petugas upacara, tim paskibra beserta dewan guru mengikuti sesi foto bersama. (hidayati)

---
JELANG ‘IDUL ADHA, NURUL ILMI PERSIAPKAN DUA AGENDA BESAR

Cibarusah, BERITA SEKOLAH Online-  Hari Raya ‘Idul Adha 1438 H diperkirakan jatuh pada hari Jum’at tanggal 01 September 2017. Dalam rangka menyambut hari Raya Besar ini,  Yayasan Nurul Ilmi mengagendakan dua kegiatan yaitu pelaksanaan Shalat ‘Idul Adha dan pemotongan  hewan Qurban.
Seperti tahun lalu, Shalat ‘Idul Adha tahun ini akan diselenggarakan di lapangan SMP IT Nurul Ilmi, hal ini sebagaimana disampaikan oleh kepala sekolah SMP IT Nurul Ilmi Drs. Agus Mulyono.
“Kita akan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Shalat ‘Id tahun ini, maka kita harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan sebaik mungkin,” kata beliau saat rapat dewan guru, Senin lalu (21/8).
Pelaksanaan shalat Idul Adha mendatang akan dimulai dari pukul 06.30 sampai dengan selesai, dengan Imam dan Khotib adalah Ustadz H. Saepunajat Japarudin, S.Pd.I. Shalat ‘Id ini akan diikuti oleh segenap keluarga besar Nurul Ilmi baik dari kalangan guru, staf, karyawan dan siswa-siswi beserta keluarga masing-masing.
Adapun pemotongan hewan Qurban rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 02 September 2017, di SD IT Nurul Ilmi. Menjelang hari H, panitia ‘Idul Adha masih menerima penyaluran hewan Qurban dengan biaya pembelian hewan qurban Rp 2.500.000/ekor. Untuk 7 orang yang terkumpul akan dibelikan 1 ekor sapi.
Panitia berharap keluarga besar Nurul Ilmi dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang akan dilaksanakan. Semoga Allah SWT melimpahkan rezeki yang banyak dan berkah kepada kita semua. Aamiin. (Hidayati)

---
AKREDITASI SMP IT NURUL ILMI

Kampus SMPIT NI (Berita Sekolah)- Pada Rabu dan Kamis, tanggal 19 dan 20 Juli 2017 telah berlangsung kegiatan visitasi Akreditasi Sekolah di SMP IT Nurul Ilmi Cibarusah. Proses ini merupakan reakreditasi SMP IT Nurul Ilmi yang sebelumnya terakreditasi dengan nilai A (Amat Baik), maka diharapkan reakreditasi ini mendapatkan nilai yang sangat baik juga. Akreditasi kali ini dikunjungi oleh dua orang Asesor dari Badan Akreditasi Provinsi Jawa Barat yaitu Drs. H Erick Suryantoro dan H. Yayat, S.Pd, M.Si. Kedatangan Asesor disambut dengan meriah oleh seluruh keluarga besar SMP IT Nurul Ilmi diiringi lantunan sholawat Badar dari tim marawis. Segenap tim akreditasis, kepala sekolah, guru dan staff karyawan hadir untuk mendukung kegiatan akreditasi, demikian pula dengan Drs. Naufal Sanusi, M.Pd selaku Ketua Yayasan dan Drs. Bakoh Basuki sebagai Ketua Pelaksana Harian.
Setelah penyambutan, dilanjutkan dengan ramah tamah dan acara pembukaan Visitasi Akreditasi di Labor Komputer SMP IT Nurul Ilmi. Sambutan demi sambutan disampaikan oleh  kepala sekolah Drs Agus Mulyono, Ketua Yayasan dan Assesor. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah  mengucapkan selamat datang kepada Tim Asesor yang telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke SMP IT Nurul Ilmi dalam rangka Visitasi Akreditasi SMP IT Nurul Ilmi. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan paparan tentang sekolah serta pemeriksaan dan pengecekan dokumen yang terdiri dari delapan komponen.
Adapun delapan komponen tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Akreditasi Yuniar Rachmawati, S.Pd adalah standar Isi, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. Berbagai bahan acuan pemeriksaan dalam proses akreditasi ini sudah disiapkan oleh Tim Akreditasi sejak beberapa bulan terakhir. Hampir setiap hari mereka disibukkan dengan kegiatan mengumpulkan dokumen-dokumen/bukti fisik dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Kerja keras Tim Akreditasi tersebut akan dinilai dalam dua hari ini.
Pada hari pertama Asesor memeriksa beberapa komponen, diantaranya: standar isi, standar pendidik dan kependidikan, standar sarana prasarana dan standar pengelolaan. Disamping itu Assesor juga melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran di kelas dan pengamatan terhadap sarana prasarana di lingkungan SMP IT Nurul Ilmi. Sedangkan hari kedua merupakan kelanjutan dari hari pertama, Asesor memeriksa stadar-standar yang belum diperiksa dan terakhir mengimput nilai-nilai dari berbagai komponen akreditasi.
Kegiatan visitasi yang sudah berjalan selama dua hari ini Alhamdulillah terlaksana dengan baik dan lancar. Pada acara penutupan, Tim Assesor menyampaikan  bahwa mereka merasa terkesan terhadap penyambutan dari SMP IT Nurul Ilmi.  Terimakasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak yang telah terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam persiapan hingga pelaksanaan penilaian Akreditasi ini. Mohon do’a dari semua pihak khususnya keluarga besar Nurul Ilmi semoga akreditasi ini mendapatkan hasil yang terbaik. Aamiin. (Hidayati)

---

RAIH JUARA SATU, SMP IT NURUL ILMI MEMBAWA PULANG PIALA BERGILIR DARI BUPATI
Cibarusah, BERITA SEKOLAH Online—Siswa-siswi SMP IT Nurul Ilmi kembali torehkan prestasi dalam ajang Competition and Creativity Zones (CREZ ) antar Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Bekasi. Kompetisi ini diadakan oleh Kelompok Ilmiah Remaja dan Jurnalistik  SMAN 1 Cibarusah di kampus SMAN 1 Cibarusah, pada hari Sabtu, 5 Agustus 2017. Dalam ajang ini SMP IT Nurul Ilmi mengutus dua orang peserta untuk mengikuti LCC, yaitu Annisa Yulfika Sari dan Wildy Aryabima Kresnaya, masing-masing berasal dari kelas IX A dan IX B.
"Alhamdulillah, kita berhasil meraih prestasi dengan membawa piala Bupati dalam kompetisi ini, selamat kepada siswa yang ikut dan juga pembimbing lomba, bu Yuniar Rahmawati, S.Pd " ujar Kepala Sekolah SMP IT Nurul Ilmi, Agus Mulyono pada saat breaving dewan guru, Senin (7/8).
Siswa-siswi yang mengikuti kompetisi ini merupakan siswa-siswi terbaik di bidang akademik yang berasal dari beberapa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bekasi. Ada empat sekolah yang memasuki semifinal, diantaranya: SMPN 1 Cibarusah, SMPN 3 Cibarusah, SMP IT Nurul Ilmi, dan SMPKN Anglo Lippo Cikarang. Pada test semifinal, peserta menjawab pertanyaan dalam bentuk tebakan tokoh dan menjawab beberapa pertanyaan dari amplop yang dipilih masing-masing kelompok.
Tiga team yang mendapatkan skor  terbanyak berhasil maju ke babak final, yaitu SMPN 1 Cibarusah, SMPN 3 Cibarusah, dan SMP IT Nurul Ilmi. Tahap pertama, masing-masing peserta diminta untuk menampilkan penelitian ilmiah dan presentasi. Setelah itu dilanjutkan dengan menjawab soal-soal terkait pengetahuan Alam dan pengetahuan Sosial. Alhasil, SMP IT Nurul Ilmi mendapatkan skor tertinggi, disusul SMPN 3 Cibarusah dan SMPN 1 Cibarusah. Atas prestasi yang diraih, team Nurul Ilmi berhasil membawa pulang piala Juara 1 serta piala bergilir dari Bupati Bekasi.
Keluarga besar SMP IT Nurul Ilmi mengucapkan selamat kepada para juara beserta guru pembimbing. Semoga prestasi ini menjadi awal yang baik di tahun ajaran baru 2017/2018 dan menjadi motivasi bagi siswa-siswi untuk selalu belajar menjadi yang terbaik. (Hidayati)

---



KEGIATAN EKSKUL TAHUN AJARAN BARU DIMULAI, SISWA DIHIMBAU UNTUK AKTIF
Pada 31 Juli 2017, Cibarusah. Kegiatan Ekstrakurikuler (ekskul) di SMP IT Nurul Ilmi Tahun Ajaran 2017/2018 mulai dilaksanakan pada hari Senin, 31 Juli 2017. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Penanggung jawab Ekskul, Waroqah Akbar, S.Pd.I bersamaan dengan beredarnya jadwal kegiatan Ekstrakurikuler pada Jum’at lalu (28/7/2017).
Ada beberapa cabang ekskul yang bertambah pada tahun ini, diantaranya adalah: ekskul kaligrafi, ekskul Jurnalis, Ekskul badminton dan ekskul Merpati Putih. Jumlah cabang ekskul keseluruhan pada tahun ajaran ini ada 12 kegiatan, 2 diantaranya adalah ekskul wajib yaitu paskibra dan pramuka. Sedangkan 10 yang lain adalah ekskul pilihan, yaitu: PMR, KIR, ECC, paduan suara, BKC, jurnalis, badminton, futsal, marawis, dan kaligrafi.
Kegiatan ekstrakurikuler ini dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka, yaitu setelah shalat Ashar sampai pukul 17.00, yang dilaksanakan di kampus SMP IT Nurul Ilmi. Pada hakikatnya kegiatan ini bertujuan untuk membantu perkembangan siswa  sesuai kebutuhan, potensi, bakat dan minat siswa. Oleh sebab itu siswa boleh memilih kegiatan apa yang cocok dengan dirinya. Namun, jika terjadi penumpukan jumlah siswa di beberapa cabang ekskul maka diberi batasan dan diadakan seleksi, sehingga jumlah siswa yang menumpuk bisa disebar kebeberapa ekskul yang masih sedikit siswanya.
Saepunajat Japarudin, S.Pd.I, bagian Kesiswaan SMP IT Nurul Ilmi dalam pemaparannya setelah Apel Ruhi menghimbau kepada siswa-siswi untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan eksktrakurikuler. “Ekstrakurikuler kita sangat banyak, maka ikutilah kegiatan ini dengan serius. Bahkan setiap siswa boleh mengikuti dua ekskul (double), agar pengalaman dan skill siswa bertambah banyak”, kata beliau.  
Adapun jadwal kegiatan Ekstrakurikuler Tahun Ajaran 2017/2018 ini adalah sebagaimana berikut:
-          - Paskibra dan Pramuka dilaksanakan pada hari Kamis
-          - ECC dilaksanakan pada hari Senin
-          -- PMR, KIR, Jurnalis, Marawis dan Badminton dilaksanakan pada hari Selasa
-          - Futsal, paduan suara dan pencak silat dilaksanakan pada hari Rabu, dan
-          - Kaligrafi dilaksanakan pada hari Jum’at.
Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah tentunya membawa manfaat, baik bagi siswa, sekolah, maupun bagi masyarakat luas. Dengan demikian, diharapkan siswa lebih aktif dan serius agar tujuan dari setiap kegiatan tercapai dengan baik, sehingga menjadi bekal untuk masa depan. (Hidayati)

---
HARI PERTAMA SEKOLAH, SISWA BARU SMP IT NURUL ILMI MENGIKUTI MPLS

Cibarusah, (Berita Sekolah)- SMP IT Nurul Ilmi mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di hari pertama sekolah. MPLS (atau yang dulu lebih dikenal dengan MOS) merupakan kegiatan pengenalan di awal tahun ajaran 2017-2018 yang harus diikuti oleh siswa/siswi baru. MPLS berlangsung selama 3 hari, yaitu hari Senin sampai Rabu tanggal 17 sampai 19 Juli 2017. Sebanyak 76 orang siswa baru SMP IT Nurul Ilmi dalam kegiatan ini akan mendapatkan materi tentang pengenalan lingkungan sekolah diantaranya Sejarah dan Visi Misi sekolah, tata tertib sekolah, wiyatamandala, kurikulum, tips belajar efektif, dan demo ekstrakurikuler. Selain itu, SMP IT Nurul Ilmi juga mengenalkan kegiatan-kegiatan harian untuk meningkatkan spritual seperti shalat dhuha, muroja’ah, ma’tsurat, dan shalat berjama’ah.
Kegiatan MPLS ini diawali dengan apel pagi bersama siswa-siswi kelas 8 dan 9 beserta seluruh guru dan staf karyawan yang dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Drs. Agus Mulyono. Beliau mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada siswa/siswi baru di keluarga besar SMP IT Nurul Ilmi. Beliau berharap siswa baru dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan memperoleh kemudahan dalam mengikuti berbagai kegiatan yang ada SMP IT Nurul Ilmi sehingga mampu mencapai prestasi di berbagai bidang.
Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan shalat dhuha dan membaca ma’tsurat di masjid. Kemudian siswa baru dibekali dengan materi-meteri, motivasi dan ice breaker yang diberikan oleh Guru dan didampingi oleh OSIS. Adapun materi hari pertama disampaikan oleh Drs Agus Mulyono tentang “Sejarah Nurul Ilmi”, dan dilanjutkan oleh Hidayati, MA tentang “Kiat-kiat Belajar Sukses”. Di hari kedua ada dua materi yaitu “Wawasan Wiyata Mandala” yang disampaikan oleh Drs. Lilis Iswati dan materi “Generasi Rabbani” disampaikan oleh Saepunajat Japarudin, S.Pd.I. Sedangkan di hari ketiga, materi tentang ‘Adabul Insan” akan disampaikan oleh Saiful Anwar, Lc dilanjutkan dengan pengenalan tata tertib oleh OSIS serta pentas ekstrakurikuler.
Materi dan kegiatan tersebut dirancang dengan merujuk kepada silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah (Lampiran I Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan no 18 Tahun 2016  tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru), yang memiliki tujuan sebagai berikut:
1.       mengenali potensi diri siswa baru;
2.       membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; 
3.       menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru; 
4.       mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya;
5.       menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. 
Dengan demikian, panitia MPLS berharap siswa baru dapat mengikuti seluruh kegiatan dan materi dengan tertib dan serius sehingga tujuan kegiatan MPLS ini dapat tercapai dengan baik. Karena awal yang baik insyaAllah akan membawa kebaikan-kebaikan dikemudian hari. 17/07/2017-Hidayati.

---
EMPAT ORANG PESERTA MPLS TERBAIK MENDAPAT APRESIASI DARI SEKOLAH
31 Juli 2017, Cibarusah – SMP IT Nurul Ilmi mengucapkan selamat kepada empat orang siswa baru peserta MPLS yang dilaksanakan pada Senin-Rabu, 17-18/7/017 lalu. Keempat orang tersebut adalah M. Aditya Firmansyah kelas 7C, Annisa Rahma Putri kelas 7A, Muhammad Rizki Nurazmi kelas 7C, Annisya Faradilla Aurora kelas 7A.
Annisa Rahma Putri berhasil mengumpulkan tanda tangan terbanyak dari teman, senior dan guru dengan jumlah nilai 2160, kemudian disusul oleh M. Aditya Firmansyah dengan jumlah nilai 1160. Sedangkan Muhammad Rizki Nurazmi dan Annisya Faradilla Aurora dinobatkan sebagai peserta terbaik dan teraktif selama kegiatan MPLS berlangsung.
Kepada keempat peserta terbaik diberikan penghargaan berupa piagam dan bingkisan yang diserahkan oleh PKS Kesiswaan, Saepunnajat Japarudin, S.Pd.I bersama OSIS SMP IT Nurul Ilmi. Penghargaan tersebut diserahkan setelah dilaksanakan Apel Ruhi pada Senin, 31/7/2017.
Selamat kepada siswa terbaik, semoga bisa mempertahankan prestasi yang sudah dicapai, serta menjadi motivasi untuk siswa-siswi yang lain dalam belajar dan berprestasi, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat . (Hidayati)

 
---



0 comments:

Posting Komentar