Minggu, 29 Oktober 2017

STUDY TOUR KE BANDUNG



SMP IT Nurul Ilmi mengunjungi Museum UPI dan Puspa IPTEK di Bandung dalam rangka Study Tour Tahun Ajaran 2017-2018 pada Sabtu, 21 Oktober lalu. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mempelajari proses yang sebenarnya langsung di lapangan, dan mendapatkan pengalaman secara langsung yang berkaitan dengan Ilmu pengetahan Alam (IPA) dan Ilmu Pengatahuan Sosial (IPS). Selain itu study tour juga dapat mengembangkan sikap ingin tahu siswa, dan memperluas pengetahuan, karena dengan melihat dan mengamati akan timbul perasaan ingin tahu dan keinginan siswa untuk lebih banyak bertanya.

Study tour yang diikuti oleh seluruh siswa, kepala sekolah, guru-guru, staf dan karyawan SMP IT Nurul Ilmi ini melakukan perjalanan dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 09.00 malam. Kunjungan pertama adalah Museum Pendidikan Nasional (MPN) yang terletak antara Kota Bandung-Lembang, tepatnya di Kampus UPI. Museum yang terdiri dari lima lantai ini menghadirkan karakter dan citra yang berguna untuk kepentingan pendidikan, kebudayaan, dan rekreasi. Di sini siswa dapat menyaksikan perkembangan pendidikan Indonesia pada masa klasik, masa kolonial, masa pergerakan nasional, dan masa awal kemerdekaan hingga masa reformasi. Selain itu siswa juga dapat melihat pameran displai bangunan sekolah, pembelajaran di kelas, peta konsep pendidikan, kurikulum atau materi pelajaran dan biaya sekolah, dari masa kolonial hingga zaman sekarang. Dengan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa khususnya dalam hal sejarah pendidikan, serta mendorong siswa untuk belajar dan meningkatkan wawasan.

Usai mengunjungi Museum Pendidikan UPI, rombongan SMP IT Nurul Ilmi langsung menuju Puspa IPTEK Sundial, Kota Baru Parahyangan, Padalarang. Puspa merupakan singkatan dari  Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sedangkan Sundial adalah jam matahari. Di tempat ini terdapat berbagai kegiatan sains harian seperti demo sains, diantaranya cara membuat roket air, cara kerja paru-paru dan saklar. Serta terdapat berbagai alat peraga interaktif yang bisa dieksplor oleh para siswa, seperti water tornado, kepala terpenggal, simulasi gelombang sunami, simulasi astronot, getaran, dan sebagainya. Semoga dengan praktek langsung di Puspa Iptek ini, siswa-siswi lebih mengerti penggunaan dan cara kerja yang berkaitan dengan Ilmu pengetahuan dan Teknologi. Tentunya menjadi pengalaman yang berharga sekaligus memotivasi siswa-siswi dalam belajar, sehingga salah satu atau bahkan banyak diantara mereka nantinya bisa menjadi penemu dan ilmuwan. Aamiin. 




0 comments:

Posting Komentar