Minggu, 29 Oktober 2017

Memaknai Sumpah Pemuda Bersama Drs. Agus Mulyono




Pada hari Selasa, tanggal 10 Oktober 2017 saat jam pulang sekolah, tim redaksi MADANI (Majalah Cerdas Nurul Ilmi) menemui Kepala Sekolah SMP IT Nurul Ilmi, Drs. Agus Mulyono di ruang kerja beliau. Kebetulan sekali beliau sedang berada di ruangan dan sepertinya agak santai. Tim yang terdiri dari dua orang (Annisa Trisijada dan Ridha Awalunnisa) mencoba mendekati beliau dan langsung meminta izin untuk mewawancarainya terkait Sumpah Pemuda. Beliau bersikap ramah dan mempersilahkan tim Madani untuk duduk. 

Berikut hasil wawancara tim Madani (selanjutnya ditulis M) dengan Drs. Agus Mulyono (selanjutnya ditulis KS)

M : Assalamu’alaikum Bapak. Selamat siang Pak ! Maaf kami minta waktu Bapak sebentar untuk wawancara mengenai Sumpah Pemuda. Perkenalkan kami “Remajadini” (Reporter Majalah Dinding Nurul Ilmi)
KS : Wa’alaikumsalam. Ooh..iya, silahkan duduk nak !
M : Terimakasih Pak. Sehubungan dengan hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober nanti, menurut Bapak apa makna sumpah pemuda pada zaman sekarang ?
KS : Sumpah pemuda di zaman sekarang ini hakikatnya sama, tetapi cara implementasi yang ada sekarang sedikit berbeda. Jadi greget, karena pemuda zaman sekarang kurang bersemangat dalam belajar.
M : Menurut bapak bagaimana pengaruh Sumpah Pemuda bagi pemuda saat ini?
KS : Sumpah pemuda itu sangat besar pengaruhnya, seharusnya ya dalam arti pengaruh yang positif. Dimana akan membawa rasa nasionalisme terhadap Indonesia untuk berkembang. Tindakan yang perlu dilakukan mulai dari hal dasar dulu, seperti: anak-anak harus mulai disiplin dan mulai belajar dengan giat. Disamping itu harus mempunyai wawasan yang luas untuk masa depan Indonesia. Pemuda itu harus menjadi tulang punggung bagi Indonesia yang kuat, Insyaallah Indonesia akan jaya. Sebaliknya, kalau pemuda Indonesia lemah, maka Indonesia akan hancur.
M : Wah..super sekali Pak. Kemudian pesan moral apa yang akan Bapak sampaikan kepada siswa-siswi SMP IT Nurul Ilmi terkait sumpah pemuda ?
KS : Saya berharap kepada seluruh siswa SMP IT Nurul Ilmi agar senantiasa bisa mengatur waktu dengan baik, semangat dalam belajar dan raihlah impian untuk masa depan. Kemudian, senantiasa mengiringi setiap usaha dengan do’a dan berserah diri kepada Allah Swt. Jadi, kita belajar bukan karena Bapak Ibu guru dan orang tua, tapi karena Allah Swt. Kalau kita sudah menuntut ilmu karena Allah, InsyaAllah apa yang dicita-citakan akan tercapai.
M : Ok Pak.. terakhir, sehubungan dengan Sumpah Pemuda ini mungkin ada tips dari Bapak agar kita bisa menjadi Pemuda Indonesia yang baik !
KS : Tips yang pertama yaitu, pemuda sekarang minimal harus hafal isi sumpah pemuda dan memahami isi dari sumpah pemuda itu sendiri. Kedua, setelah memahami Sumpah Pemuda kita harus tumbuh kembangkan rasa kebangsaan kita terhadap Negara Indonesia.
M : Terima kasih banyak Pak, do’akan kami semoga menjadi Pemuda handal dan kuat yang dapat memajukan Indonesia. Wassalamu’alaikum.
KS : Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Remajadini (Reporter Majalah Dinding Nurul Ilmi) mundur diri sembari bersalaman dan meninggalkan ruangan Kepala Sekolah. Demikianlah wawancara singkat Madani terkait Sumpah Pemuda dengan Drs. Agus Mulyono. Banyak pesan dan nasehat yang bisa diambil dari beliau untuk menjadi pemuda harapan bangsa yang baik, kuat dan handal. 

0 comments:

Posting Komentar