Selasa, 16 Oktober 2012

Jika Ada Masalah Di Antara Kita.., What must we do...???




Lagi-lagi teman… yah tak bisa dipungkiri bahwa teman memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan kita terutama di asrama kita ini. Kalau kita punya masalah sama teman bawaannya pasti bete, kesal, g’ betah, dan ujung-ujungnya pengen pulang. So, apa sih yang mesti kita lakukan ???

- Saling memahami
Untuk mahasiswa seumuran kita...mungkin g’ sih bisa memahami teman kita seperti orang tua memahami anaknya sendiri ?? mungkin aja lagi... Pegang aja prinsip ini ‘ semua orang itu memiliki kelebihan, nah kelebihan itulah yang kita suka darinya. Semua orang juga punya kekurangan dan kekurangan itulah yang harus kita pahami. Seperti kutipan mahfudzot yang berbunyi
من طلب أخا بلا عيب بقي بلا أخ "
Kita tidak perlu menuntut pemahaman dari orang lain untuk kita, rumus energi masuk sama dengan energi keluar alias apa yang kita beri itu yang kita terima. Jadi kalau kita berusaha memahami teman, insyaallah mereka juga berusaha memahami kita.

- Menyelesaikan masalah secepat mungkin
Yang namanya bersosialisasi pasti tidak akan pernah lepas dari perbedaan pendapat, salah paham, and so on. Nah kalau nasi sudah menjadi bubur, cepat-cepat dimakan. Oopss…maksudnya kalau ada masalah cepat-cepat diselesaikan. Oo…!
Banyak jalan menuju roma. Banyak pula cara untuk menyelesaikan masalah. Kalau tidak bisa dengan perkataan, masih ada sms kan, atau melalui surat ? kalau masih belum adem ayem, cara yang paling mujarab lewat do’a. Coba deh…

- Tersenyum
Senyum adalah sedekah yang paling mudah tapi dalam pelaksanaan masih tergolong sulit. Karna menyembunyikan perasaan itu gak mudah. Apalagi kalau lagi BT alias bad temper mukanya berlipat-lipat ( berapa lipat? Ratusan…lebih!)
Senyumlah dari hati. Masih ingat lagunya raihan? Senyumlah…senyumlah seikhlas hati…senyuman dari hati jatuh kehati..
Dan masih banyak lagi cara-cara buat bikin persahabatan kita jadi manis semanis gulali.
Yang penting semua itu dimula dari diri kita sendiri, bagaimana kita bisa memahami dan menyikapi teman khususnya teman dekat kita.
Ingat, sahabat itu adalah fragmen yang sangat penting dalam kehidupan kita. 

0 comments:

Posting Komentar